Cara Menggunakan Tensimeter Digital

Memiliki Riwayat penyakit hipertensi tentunya diharuskan mengecek tekanan darah secara rutin. Untuk itu, Anda diharuskan untuk pergi ke klinik atau puskesmas setiap kali waktu pengecekan tekanan darah.

Namun, agar lebih memudahkan penderita hipertensi, saat ini alat pengukur tekanan darah dapat digunakan secara mandiri tanpa harus melibatkan orang yang professional. Sehingga, Anda tidak perlu repot-repot untuk pergi secara rutin ke klinik atau puskesmas dan dokter.

Untuk itu, Anda bisa membeli dan menyediakan alat pengukur tekanan darah yang disebut dengan tensimeter.

Ada 3 jenis tensi meter, salah satunya adalah tensimeter digital. Yang mana, tensimeter jenis ini sangat mudah digunakan dan dapat mengecek tekanan darah dimanapun dan kapanpun.

Salah satu kelebihan dari tensimeter digital ini adalah dapat mengukur tekanan darah dengan cepat, dimana tensimeter digital juga dapat menyimpan hasil pengukuran sebelumnya. Lalu, bagaimana cara menggunakan tensimeter digital ini?

Berikut adalah cara menggunakan tensimeter digital, agar Anda lebih paham dan dapat mengecek tekanan darah dengan akurat:

Tata Cara Menggunakan Tensimeter Digital

Biasanya, tekanan darah normal pada orang dewasa adalah kisaran antara 100 hingga 130 untuk tekanan sistolik dan 60 hingga 90 mmHg untuk tekanan diastolic.

Lalu, cara menggunakan tensimeter digital sangatlah mudah, yakni Anda dapat memulainya dengan menekan tombol start, yang kemudian lakukan Langkah-langkah berikut:

1. Pasang manset pada lengan bagian atas, yakni dengan cara bagian bawah manset berada pada 1 sampai 2 cm di atas siku, sedangkan ujung selang manset berada di tengah lengan.

2. Jika Anda mengukur dengan menggunakan tangan kanan, posisi selang akan berada di sisi siku Anda. Sehingga, pastikan selangantara manset dan alat tensimeter tidak tertindih atau terjepit.

3. Lalu, kencangkan manset. Karena tekanan darah lengan kanan dan kiri berbeda, maka sebaiknya menggunakan lengan yang sama untuk setiap melakukan pengecekan tensi darah.

4. Pada saat melakukan pengukuran, sebaiknya duduk tenang, tegak dan kaki menapak pada lantai. Posisikan ketinggian manset sama dengan posisi jangtung.

5. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, sebaiknya Anda melakukan pengecekan pada saat kondisi tubuh stabil.

Untuk itu, pastikan sebelum melakukan pengecekan, selama 30 menit sebelumnya, Anda menghindari beberapa aktivitas berat, seperti olahraga, makan, minum, mandi, merokok dan meminum alcohol serta kafein.

Cara Menurunkan Tekanan Darah

Agar tekanan darah Anda normal saat melakukan pengecekan menggunakan tensimeter digital, maka Anda bisa mengikuti hal – hal berikut ini untuk menurunkan tekanan darah.

1. Mengurangi mengkonsumsi garam.

2. Memperbanyak makan makanan sehat.

3. Mengurangi mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein.

Namun, jika dampak tekanan darah Anda tidak kunjung normal, maka segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter.

Butuh Bantuan?
SMS: +6282162666288
082162666288
6282162666288
alkes_indonesia@yahoo.com