Alat Kesehatan dan Fungsinya

Untuk seorang yang bekerja di bidang kesehatan, pastinya alat kesehatan dan fungsinya sudah menjadi hal yang biasa di kehidupan sehari-hari. Baik dari segi nama hingga kegunaan pasti sudah dikuasai.

Namun, bagaimana dengan masyarakat yang awam mengenai alat kesehatan dan juga fungsinya? Untuk itu, dalam ulasan artikel kali ini kami akan membahas mengenai alat kesehatan beserta juga dengan fungsinya.

Tentu saja Anda tidak perlu menghapal semuanya, namun kami akan memberikan penjelasan mengenai alat kesehatan yang dapat digunakan dalam sehari-hari serta dalam waktu yang penting atau urgent.

Pengertian Alat Kesehatan

Menurut informasi dari laman resmi farmalkes, alat kesehatan adalah instrument, apparatus, mesin dan implant yang tidak mengandung obat yang digunakan untuk mencegah, mendiagnosis, menyembuhkan dan meringankan penyakit, merawat orang sakit, memulihkan kesehatan pada manusia dan membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh.

Sehingga, alat kesehatan ini sebetulnya sangat penting dan perlu dipelajari dalam hal pertolongan pertama dalam sebuah kasus kecelakaan atau luka lainnya.

Jenis Alat Kesehatan

Lalu, apa saja jenis alat kesehatan yang perlu Anda ketahui? Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai alat kesehatan dan fungsinya. Dimana, di bawah ini merupakan alat kesehatan pribadi yang dapat disediakan di rumah Anda.

1. Timbangan Badan

Timbangan badan adalah alat yang digunakan untuk mengukur berat badan. Timbangan ini dapat digunakan secara praktis oleh seseorang untuk mengetahui data berat badan pribadi.

Dalam dunia medis, timbangan badan merupakan sebuah alat ukur untuk mengetahui dan mengumpulkan data berat badan pasien di suatu instansi rumah sakit atau fasilitas di apotek.

Timbangan badan dibedakan menjadi 3 jenis, antara lain timbangan badan analog, timbangan badan digital dan timbangan badan 2in1.

Dengan adanya timbangan badan yang dimiliki di rumah, Anda bisa mengecek dan mengetahui berat badan Anda secara pribadi. Apakah sudah ideal atau mengalami kelebihan berat badan atau pun sebaliknya.

2. Tensimeter

Tensimeter adalaah alat kesehatan yang digunakan untuk mengukur tekanan darah. Alat ini tentu saja sangat penting disediakan di rumah, khusunya bagi anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi.

Sehingga, Anda dapat dengan mudah memonitor tekanan darah Anda setiap saat tanpa perlu pergi ke dokter secara rutin. Karena, hal tersebut bisa dilakukan di rumah setiap saat.

Tensimeter ini berfungsi untuk memonitor pengobatan hipertensi, apakah dokter tersebut memberikan pengobatan hipertensi secara efektif dalam mengontrol tekanan darah Anda.

3. Termometer

Termometer asalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu badan. Dimana, alat kesehatan satu ini juga harus dimiliki di rumah Anda. Karena, fungsinya yang sangat penting.

Dalam bidang kesehatan, thermometer digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia agar dapat mengetahui kondisi tubuh seseorang apakah suhu tubuhnya naik atau normal. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yakni dengan meletakkan alat thermometer di ketiak atau mulut seseorang yang diduga mengalami suhu tubuh tidak normal.

Tiga alat kesehatan di atas memang harus disediakan dalam rumah. Atau, jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, Anda harus menyediakan alat kesehatan lain yang berhubungan dengan penyakit Anda.

Selain 3 alat kesehatan di atas, ada lagi alat kesehatan standar yang harus disediakan di rumah sebagai alat kesehatan pertolongan pertama pada luka atau cedera.

Alat Kesehatan Standar di Rumah

1. Perban, kain kasa dan plester yang digunakan untuk menutup luka.

2. Gunting yang digunakan untuk memotong kain kasa, perban dan plester.

3. Sarung tangan medis yang digunakan untuk mensterilkan tangan yang mengobati luka.

4. Pinset yang digunakan untuk mengambil serpihan kecil atau kotoran yang menempel pada luka.

Hal yang tersebut di atas termasuk ke dalam alat kesehatan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan). Sehingga, penggunaannya pun sangat mudah.

Namun, jika kondisi sudah darurat, pastikan ditangani oleh seseorang yang telah berpengalaman, seperti dokter, perawat dan bidan.

Selain alat kesehatan di atas, masih ada banyak lagi alat kesehatan yang memiliki fungsi berbeda dan penggunaannya yang urgensi pada penyakit tertentu.

Masyarakat awam juga perlu tahu tentang alat kesehatan dan fungsinya agar lebih paham jika terjadi hal – hal yang tidak dinginkan.

Butuh Bantuan?
SMS: +6282162666288
082162666288
6282162666288
alkes_indonesia@yahoo.com