Ini Manfaat dan Cara Menggunakan Oksimeter dengan Tepat

Semenjak infeksi COVID-19 merebak, banyak orang yang membutuhkan oksimeter untuk memantau saturasi oksigen mereka. Oksimeter bermanfaat untuk memantau kesehatan orang-orang dengan kondisi yang memengaruhi kadar oksigen darah, salah satunya infeksi COVID-19.”

Penggunaan oksimeter semakin melonjak semenjak pandemi COVID-19. Seperti diketahui, virus COVID-19 dapat menurunkan saturasi oksigen pengidapnya. Nah, oksimeter adalah perangkat tes non-invasif untuk mengukur tingkat saturasi oksigen

Oksimeter mampu mendeteksi perubahan kadar oksigen secara cepat sehingga sangat berguna untuk memantau kondisi pengidap COVID-19. Nah, berikut manfaat dan cara tepat menggunakan oksimeter.

Manfaat Oksimeter yang Perlu Kamu Ketahui

Oksimeter sering digunakan oleh para tenaga kesehatan untuk memantau kesehatan orang-orang dengan kondisi yang memengaruhi kadar oksigen darah, terutama saat berada di rumah sakit. Selain infeksi COVID-19, oksimeter juga kerap digunakan untuk memantau laju pernapasan pengidap penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), asma, radang paru-paru, kanker paru-paru, anemia, serangan jantung atau gagal jantung dan penyakit jantung bawaan.

Selain memantau kadar oksigen pasien dengan penyakit di atas, dokter juga sering menggunakan oksimeter untuk beberapa alasan berikut ini:

  • Menilai seberapa baik obat paru-paru bekerja.
  • Mengevaluasi apakah seseorang membutuhkan bantuan pernapasan.
  • Mengevaluasi fungsi penggunaan ventilator.
  • Memantau kadar oksigen selama atau setelah prosedur bedah yang memerlukan sedasi.
  • Menentukan apakah seseorang membutuhkan terapi oksigen tambahan.
  • Menentukan seberapa efektif terapi oksigen tambahan, terutama saat seseorang sedang menjalani pengobatan baru.
  • Menilai kemampuan seseorang untuk mentolerir peningkatan aktivitas fisik.
  • Mengevaluasi apakah seseorang berhenti bernapas sejenak saat tidur, seperti dalam kasus sleep apnea.
Butuh Bantuan?
SMS: +6282299515981
082299515981
6282299515981
alkes_indonesia@yahoo.com